PENYEBAB STROKE MENURUT DOKTER


Stroke bersama dengan penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor 1, kanker pada nomor 2, dan penyakit iatrogenik pada nomor 3. Penyakit Iatrogenik adalah kondisi yang disebabkan oleh penanganan dokter medik terhadap suatu penyakit atau suatu keadaan pada pasien. Keadaan ini dapat berupa:

  • Munculnya penyakit-penyakit baru (penyakit iatrogenik atau komplikasi).
  • Terjandinya rasa ketidaknyamanan pasien.
  • Terjadinya gangguan psikologis pasien.

Stroke adalah gangguan fungsi otak karena pasokan darah ke otak terganggu. Gangguan pasokan darah dapat menyebabkan kerusakan sementara syaraf otak dapat diatasi dengan cepat jika segera mendapat petolongan medik dan Rass & Spanaturo, kerusakan permanen pada otak, kelumpuhan dan kematian.

Stroke dapat terjadi karena faktor-faktor antara lain:

  1. Goresan, luka lesi, dan kerusakan yang terjadi pada lapisan endothelium pembuluh darah di wilayah leher atau otak. Endothelium adalah lapisan pembuluh darah yang bersentuhan langsung dengan darah ketika darah mengalir melewati pembuluh darah. Jika kerusakan ini tidak pernah berhasil disembuhkan oleh kekebalan tubuh maka secara perlahan tetapi pasti dan berlangsung dalam waktu yang lama, kerusakan endothelium ini mengikat bahan-bahan yang dibawa oleh darah seperti protein, lemak, trombosit, dan sel-sel darah yang telah mati masuk ke dalam luka-luka tersebut  sehingga menumpuk dan semakin menumpuk, dan akhirnya membentuk plak-plak  yang menyumbat pembuluh darah.   
  2. Penurunan fungsi organ hati sehingga organ hati tidak mampu menahan partikel-partikel yang berbahaya bagi pembuluh darah di wilayah leher dan otak sehingga partikel-partikel berbahaya tersebut lolos masuk ke pembuluh darah dan menyebabkan luka gores pada lapisan endothelium.
  3. Kesehatan darah yang tidak terjaga dengan baik.
  4. Menderita hipoglikemia (gula darah rendah) sehingga pasokan gula ke dalam otak sangat kurang.
  5. Faktor psikologis atau kejiwaan.
  6. Faktor makanan dan minuman. Faktor ini merupakan faktor yang paling dominan.
  7. Faktor lingkungan seperti penggunaan logam-logam berat dan benda-benda asing untuk kesehatan gigi dan mulut.
  8. Pola hidup.
  9. Infeksi mikroorganisme.
  10. Faktor genetika atau bawaan.
  11. Penyakit-penyakit tertentu dan pengobatan dengan obat-obatan kimia terhadap penyakit-penyakit  tersebut seperti terhadap kolesterol tinggi, asam urat, hipertensi, diabetes, trombositosis, hipertiroid, hipotiroid, darah kental, fatty liver, dll.
  12. Gangguan fungsi ginjal.
  13. Gangguan fungsi ovarium pada perempuan.
  14. Menopause prematur.
  15. Ketiadaan ovarium dan atau rahim.
  16. Gangguan kelenjar tiroid.  
  17. Faktor penuaan seperti berusia di atas 75 tahun.


BEKAS STROKE

Kita perlu memahami bahwa orang yang pernah mendapatkan serangan stroke apalagi telat mendapat penanganan segera dari Rass & Spanaturo tidak dapat pulih seperti sedia kala jika syaraf-syaraf otak telah mengalami kematian permanen. Tetapi syaraf-syaraf otak yang berada di sekitar syaraf-syaraf yang telah mengalami kematian permanen (Penumbra) yang sedianya akan ikut mati dapat segera dicegah dari kematian permanen sehingga penderita stroke tidak semakin mengalami penurunan kwalitas kesehatan.  Oleh karena itu yang paling penting untuk kita jalani adalah Mencegah Serangan Stroke, sebab sekali kita kena stroke maka kondisi kita tidak akan pernah pulih kembali seperti sedia kala dengan jalan apapun walaupun banyak beredar informasi yang menjanjikan kesembuhan total pasca serangan stroke.

Data stroke dari Juni 2011 sampai Maret 2017 menunjukkan bukti nyata bahwa dari ribuan pasien stroke Rass & Spanaturo, baru ada 3 (satu) orang pasien stroke yang tidak meninggalkan bekas stroke sama sekali karena beliau segera mendapat penanganan medik dan penanganan dari Rass & Spanaturo dalam waktu 5 sampai 24 jam pasca  mendapat serangan stroke.     

Dulu stroke banyak ditemukan pada orang lanjut usia, tetapi sekarang stroke juga menyerang anak-anak muda pada usia 18 - 35 tahun. Laki-laki lebih banyak terkena stroke dibandingkan dengan perempuan. Secara kasar, tiap hari ada dua orang terkena stroke di Indonesia. Stroke adalah penyebab kematian ketiga terbesar di Indonesia setelah penyakit jantung koroner dan kanker. Serangan stroke tidak sama dengan serangan jantung di dalam kecepatan proses kematian. Serangan jantung biasanya langsung dapat menyebabkan kematian, tetapi stroke tidak.

Buku yang membahas tentang stroke dan penyakit-penyakit syaraf otak


STROKE PADA PEREMPUAN  

Serangan stroke pada perempuan disebabkan oleh faktor-faktor yang lebih banyak dibandingkan dengan serangan stroke pada laki-laki karena stroke pada perempuan juga melibatkan organ ovarium dan rahim. Ovarium adalah pabrik penghasil hormon kewanitaan termasuk hormon yang dapat menjaga kesehatan pembuluh darah otak dan jantung di sepanjang hidup perempuan. Oleh karena itu maka:

  1. Perempuan perlu menjaga kesehatan ovarium dan rahimnnya agar tetap sehat.
  2. Jangan angkat rahim dan ovarium karena alasan sepele seperti sterilisasi, tumor jinak mioma, atau kista ovarium karena pengangkatan rahim dan ovarium pada wanita dapat menyebabkan resiko kesehatan jangka panjang di sepanjang hidupnya. 


MACAM-MACAM STROKE

Berdasarkan penyebabnya, stroke ada dua macam yaitu stroke perdarahan dan stroke sumbatan. Stroke perdarahan paling banyak disebabkan oleh tekanan darah tinggi (80%) dan kelainan pembuluh darah (20%). Sroke perdarahan terjadi karena lonjakan tekanan darah yang membentur pembuluh darah yang paling tipis sehingga pembuluh darah pecah dan terjadi pendarahan di dalam otak.  Sedangkan stroke sumbatan pada usia muda banyak disebabkan oleh kelebihan lemak, kebiasaan merokok, gangguan fungsi ginjal dan tekanan darah tinggi sehingga menyumbat aliran darah.

Berdasarkan akibatnya pada sel-sel syaraf otak, stroke terdiri dari:

  1. Stroke ringan
    Yaitu serangan stroke yang yang hanya menciptakan Zona Penumbra, yaitu zona dimana sel-sel syaraf otak kurang mendapat pasokan darah dan energi.
  1. Stroke berat
    Yaitu serangan stroke yang menciptakan Zona Kematian Permanen Sel-Sel Syaraf Otak, dan juga menciptakan Zona Penumbra dengan sel-sel syaraf otak yang kurang mendapat energi dan sel-sel ini berada dalam proses yang dapat berakhir dengan kematian permanen sel-sel syaraf otak.  


STROKE DAN PENYAKIT LAINNYA

Stroke biasanya dikuti oleh, didahului oleh atau berada bersama-sama dengan:

  1. Tekanan darah tinggi atau hipertensi
  2. Diabetes atau kencing manis
  3. Hiperkolesterol
  4. Penyakit jantung koroner
  5. Jantung bengkak
  6. Jantung berlemak
  7. Penurunan fungsi ginjal
  8. Asam urat
  9. Pengerasan hati
  10. Hati berlemak atau fatty liver
  11. Pengerasan hati
  12. Kista hati
  13. Kanker hati      

Kematian pada penderita stroke terjadi karena komplikasi stroke dengan penyakit-penyakit lain terutama dengan gagal ginjal cuci darah dan penyakit jantung koroner akibat penyumbatan baru yang terjadi di dalam pembuluh darah jantung. 


MENCEGAH STROKE

Mencegah stroke sangatlah mudah untuk dikatakan, tetapi sangat sulit dilakukan. Untuk mencegah stroke maka hindarilah penyebab-penyebab stroke, dan yang paling penting adalah:

  1. Jagalah Kesehatan Organ Hati
  2. Organ hati dijaga dengan cara menjaga kesehatan darah
  3. Kesehatan darah dijaga dengan cara menjaga kwalitas makanan dan minuman

Tip-tip sederhana ini sesungguhnya sangatlah sulit untuk dijalankan mengingat berbagai faktor yang mengelilingi kita seperti:

  1. Ketidakahuan kita tentang makanan dan minuman yang sehat untuk kesehatan darah dan organ hati
  2. Keterbatasan waktu kita dalam menyiapkan makanan dan minuman sehat sehingga keadaan membuat kita untuk menjalani hidup instan
  3. Ketiadaan ilmu kita tentang kesehatan pembuluh darah

Menjaga kesehatan pembuluh darah bukanlah perkara yang mudah di tengah arus globalisasi dan arus spesialisasi seperti sekarang.


BERTEMU PAK IPENG

Bagaimana rasanya kena stroke di usia muda,  titik-titik pengambilan keputusan penting untuk segera meninggalkan pengobatan medis medikasi, rasa kehilangan kepercayaan diri akan kesembuhan, dan proses pemulihan yang sudah dilalui bersama Rass & Spanaturo,  silahkan bicara langsung.

Hubungi HP/WA: 081803615946.


DISCLAIMER

Artikel tentang stroke dan penyakit berasal dari sumber-sumber terpercaya yang ditulis oleh para pakar dari berbagai disiplin ilmu kedokteran, dan artikel ini ditunjukkan sebagai bacaan saja. Sedangkan metode penyembuhan penyakit merupakan metode yang dibangun dan dikembangkan berdasarkan ilmu pengetahuan dalam berbagai disiplin ilmu pengetahuan dan didukung oleh adanya fakta-fakta kesembuhan (evidences). Metode ini hanya berfungsi sebagai bahan pertimbangan atau opsi untuk pemulihan kesehatan dari stroke dan penyakit, Tidak untuk dipertentangkan atau dibenturkan dengan sistem pelayanan kesehatan Indonesia dibawah dominasi kedokteran medik allopati bersama dokter-dokter medik.   

Konsultasi: Silahkan hubungi Spanaturo